RSS

Rabu, 08 Juni 2016

Tata Cara Buat SKCK

Tarrraaaaaa....

hari ini aku mau share tata cara buat SKCK. Tapi khusus buat temen-temen wilayah Lhokseumawe, Aceh Utara.
awalnya aku gak tau nih apa itu SKCK. trus searching deh di internet, rupanya SKCK itu Surat Keterangan Catatan Kepolisian, yang isinya menyatakan apakah kita pernah melakukan kejahatan kriminal atau gak. Dulu gak pernah buat sih karena ngerasa ga perlu. hahah.. Giliran untuk buat beasiswa, baru aja deh, sibuuk ngurusnya.

berikut ini berkas yang dibutuhkan :
1. Fotokopi ijazah 2 lembar
2. Fotokopi KK 2 lembar
3. Fotokopi akte kelahiran 2 lembar
4. Pas foto 3x4 10 lembar dan pas foto 4x6 5 lembar
6. Surat keterangan dari polsek (kalo lhokseumawe, polseknya itu di krueng geukuh)

kayaknya itu aja deh berkasnya. rada-rada lupa juga sih. hehe. udah bulan yang lalu buatnya.
langkahnya, pertama buat dulu surat keterangan tidak pernah melakukan kejahatan dari geuchik di wilayah tempat kamu tinggal (sesuai KTP). trus surat itu dibawa ke polsek setempat. terus diproses. Nah surat yang dari polsek itu dibawa ke polres yang di lhokseumawe.

Nanti ya ikutin aja cara-caranya pas nyampe di situ, dikasih tau kok. Pak polisinya baik-baik. Nanti dikasi formulir yang harus kamu isi. selanjutnya lakukan sidik jari, trus udah deh. Selesai. Ohya untuk adm formulir Rp 5.000,-. untuk prosesnya siapin aja Rp 100.0000,-

kalo temen-temen mau buat SKCK dengan keperluan beasiswa untuk ke luar negeri, ga bisa langsung siap di polres, tapi harus di proses lagi ke Polda. ya kalo di Aceh, Polda itu di Banda Aceh, wilayah Jeulingke. Tapi kalo untuk beasiswa dalam negeri ga perlu ke polda lagi. SKCK juga bisa dibuat untuk keperluan lainnya seperti keperluan melamar pekerjaan.

sekian ya infonya, semoga bermanfaat. :)

0 komentar: