RSS

Rabu, 08 Juni 2016

Newbie Traveller 3 - Tugu Kujang dan Mall Botani Square

Perjalanan di Bogor akan dimulai dari Mall Botani Square karena aku ngekos di belakang botani. Hehe. 



Kebetulan ini lagi anniv botani. Aku kemana-mana pake sandals jepit. Hahaha.. abisnya nyaman buat dibawa jalan-jalan. Kalau pake sepatu pas mau solat ribet.

Kalau di Mall Botani ini bagian yang aku suka adalah Food Court.nya sama di Stand Parfum.


paling seneng makan di food court kaya gini. makannya satu meja rame-rame sama orang yang gak dikenal. ngerasa kayak apaaa yaa, makannya ya gak sendirian aja gituu. rame-rame walopun gak kenal nafsu makan pun jadi gak kenal udah berapa piring. hahahah..



kita sempet beli parfum di stand Lignea Perfume. suka banget sama parfum ini, kombinasi wangi buah yang seger dan lembut.


di Botani Square, aku juha sempet mampir di Starbucks. paling suka sama green teanyaaa... jatuh cinta banget deh. buat temen-temen yang belum pernah ke SB, jangan sampe syok ngeliat harganya yang di atas 50ribuan. ya emang segitu harganya. sebenernya rasanya sama kaya kopi aceh. cuma di SB ini pelayanannya suuupeeerrr sekaliiii. Yah, selain itu, brandingnya yang kuat banget. makanya harganya mahal tapi tetep aja banyak yang nongki di situ.



di Botani juga sempet ke sini beli crepes sehabis nonton bioskop, sempet ke Ichiban Sushi, bakmi GM, es krim nitrogen, mujigae, aku juga paling suka Chat Time. suueeegeerrr banget minumannya. Banyak dehh.. pokoknya.. entar aku coba tulis satu-satu di next postingan.




next, Kalau ke Jakarta pasti taunya bundaran HI kan? Atau Tugu Tani. Nah, di Bogor namanya Tugu Kujang. Lokasi Tugu Kujang ini pas banget di pintu keluarnya Botani Square ini.


wahh ini mau foto tugunya apa orangnya ya. hehe. ini aku mau bahas tentang Tugu Kujang sedikit yaaa.. biar temen-temen tau deh sejarahnya gimana.


Tugu kujang adalah sebuah monumen yang merupakan simbol Kota bogor. 
Postur tugu juang menjulang ke atas setinggi kurang lebih 25 meter. lahan dimana tugu berdiri berbentuk segitiga. posisinya berada persis di depan Botani Square dan Kebun Raya Bogor. Bagian badannya berbentuk obelisk yang kayak kepotong gitu, terus di bagian atasnya adalah ornamen kujang yang besarnya 7 meter trus beratnya sampe 800 kilogram.
WOW! pengerjaan perlu bantuan helikopter lapangan udara Atang Sanjaya Bogor loh. 

pembangunan tugu kujang ini oleh walikota Ahmad Sabana di tahun 1982 yang menghabiskan dana sekitar 80 juta rupiah. jadi kira-kira udah berapa tahun ya ?

Kujang dikenal sebagai "senjata". namun yang dimaksud di sini bukan senjata perang ya. akan tetapi sebagai peralatan pertanian yang sudah tercatat dalam sejarah sejak 9 Masehi. Kemudian Kujang ini dijadikan sebagai senjata yang sakral dan simbolik pada abad ke 12 Masehi.

adapun kaitan Tugu Kujang ini dengan Bogor adalah Kujang merupakan senjata pusaka dari masa Kerajaan Sunda sejak abad 12 Masehi yang ibukota kerajaannya berada di Pakuan Pajajaran yang terletak di Bogor. Salah satu rajanya yang terkenal adalah Prabu Siliwangi. dialah yang menetapkan kota Bogor sebagai ibukota kerajaannya di tahun 1482. Oleh karena itu setiap 3 Juni 1482 menjadi awal dibangunnya kota Bogor ini.

Selanjutnya mau cerita tentang jalan-jalan di Kebun Raya Bogor. Hihi. Ditunggu yaaa.. See yaaa..

0 komentar: