RSS

Kamis, 09 Juni 2016

Newbie Traveller 4 - Kebun Raya Bogor

Hola hola ..
masih sama tulisan yang sama newbie traveller. mau lanjut sama cerita yang kemarin. hihi..

Kalo ngomongin Bogor pasti yang diinget Istana Kepresidenan di Bogor sama Kebun Raya Bogornya. Hmm, atau tempat maen-maen wahana dan airnya di Jungle Land dan The Jungle. Hehe. Trus kampus IPB yang paling tersohor.

Nyampe Bogor gak ke IPB dulu, tapi malah ke Kebun Raya Bogor. Karena aku penasaran banget gimana sih Kebun Raya Bogor. Waktu jaman SD dulu pas pelajaran IPS cuma pernah ngeliat di buku IPS, atlas, sama RPUL. #ketauananakangkatan90an

Pasti masih pada inget kan jaman SD dulu soal IPS, Nama tempat cagar alam di Indonesia adalah … pasti entar di pilihannya ada Kebun Raya Bogor. tapi kagak tau gimana bentuk Kebun Raya Bogor. maklum aja aku tinggal di Aceh, ujung barat Indonesia yang pelosok dan gak kemana-mana.

semua tulisan aku yang untuk perjalanan di Bogor itu startnya dari Mall Botani Square karena aku ngekosnya di belakang Botani otu. Nah, kalau kamu mau ke Kebun Raya Bogor, naik aja angkot nomor 06. entar bilang aja sama bapak dan abang angkotnya mau turun di kebun raya bogor. aku lebih suka naik angkot karena tarifnya murah. bisa aja sih naik gojek atau grab driver, tapi harganya 10ribu-15ribu untuk sekali jalan. kalau naik angkot bisa untuk PP. hehe.. hemaat euy!



nah ini pohon bambunya entah berapa meter tingginya. diameter bambunya juga luar biasa. aku jadi kayak ukuran manusia mini.


Ini kakakku yang gayanya macho banget. tapi sebenarnya imuts. 



aku kepengen ngeliat rafflesia arnoldi sih sebenernya. yah walopun juga udah pernah liat di belakang rumah guru SD yang deket rumah tapi tetep aja nuansanya beda. huhuhu. Tapi karena mekarnya gak segampang yang dipikirkan alias ada musimnya sendiri jadinya aku gak sempet ngeliat deh.. T_____T 

eits tapi tunggu duluu gayeesss. Ke Kebun Raya bukan berarti cuma ngeliat pohon atau bunga doang. Coba deh liat bangunan putih yang ada di belakang aku ini (scroll down lagi). Pasti udah pada tau kan? Yep, namanya Istana Bogor, tepatnya perkarangan belakang dari Istana yang pertama kali di bangun pada tahun 1745. Masih pada inget ga pas gerhana matahari Maret 2016 lalu pak Jokowi ngeliat gerhana matahari dari istana kepresidenan bogor? Nah iniii dia tempatnya. Hehe..



Terus ada sesuatu yang sering terlewat karena pengunjung terpesona sama keindahan Bunga Teratai Pink yang sizenya geeedee banget. Waktu aku ke sini belum ada bunganya cuma daunnya doang. Hiks. ini yang di belakang fotoku. huhu.


apa sih yang sering dilewatin sama pengunjung? Bentuknya adalah sebuah prasasti. Ya yang kalau gatau sejarahnya pasti Cuma ngirain batu biasa. Tetapi kalau kita mau ngebaca sejarahnya ternyata nama yang terpahat di prasasti itu adalah George Karl Reinwardt si Pendiri Kebun Raya. Dari tangannya lahir Kebun Raya Bogor ini. Prasasti ini dibuat untuk menghormati jasanya terhadap tempat kebanggan kota Kembang ini. ini nih fotonya, ada ornamen si George itu juga.


ada juga monumen bersejarah lainnya yang ada di Kebun Raya Bogor ini. Ayo ayo ada yang tau ga ? Coba lihat foto monumen di bawah ini yang persis di belakang aku.




ini namanya Monumen Lady Raffles atau sering juga dikenal dengan Monumen Cinta. Ada yang tau gak kisah di balik monumen cinta ini ? alright, aku mau ngebahas dikit nih kisahnya ya.. masih pada mau baca gak ya? hihi..

Monumen ini didirikan oleh Sir Thomas Stamford Raffles yaitu seorang Gubernur Inggris di Pulau Jawa di tahun 1811 - 1816. Ia mendirikan monumen ini untuk mengenang kematian istrinya pada 20 November 1814. Istrinya bernama Lady Olivia Mariamne lahir di India pada tahun 1771. Pada usianya yang ke-43 ia mengidap penyakit malaria. Lady Olivia dibawa oleh Sir Raffles ke istana Buitenzorg untuk beristirahat. Hanya berselang 6 bulan Lady Olivia pun meninggal dan di makamkan di pemakaman eropa di Tanah Abang, Jakarta. 

Pada 4 January 1970 tugu ini mengalami kerusakan berat akibat angin ribu. kemudian direkonstruksi pada Agustus 1970. Konon, diketahui bahwa di sini adalah titik tengah Kota Bogor. Pada monumen tersebut kita akan menemukan kata-kata puitis yang ditulis oleh Sir Raffles untuk istrinya yang sangat dicintai.


"Oh Thou Whom Neer My Constant Heart, One Moment Hath Forgot, Tho Fate Severe Hath Bid Us Part, Yet Still Forget Me Not"

Ada yang tau artinya ? ini artinya dalam bahasa Indonesia :

"Oh, dikau yang selalu ku ingat (dalam hatiku), walaupun satu hal telah berlalu dan memisahkan kita, engkau akan selalu dalam ingatanku"

OMG, ini mah puitissss banget sih.. yang mau tau foto tentang monumen cinta ini bisa serach di google yaa.. banyak kok sumbernya.

Next, aku juga mau nunjukin kalo di sepanjang jalan ini penuh sama pohon bambu yang rimbun.




aku juga ke botanical gardennya. terus numpang eksis juga di pintu keluar. wakakaka.. ini blog penuh sama foto aku deh kayaknya. so sorry yaaa.. because pictures tell more than words. *tsaaahhh



gambar di atas ini kalo ga slah deket bangunan botanical garden




gambar di atas ini di pintu keluarnya kebun raya

Coba tebak, ada yang tau gak ornamen apa yang ada di belakangku ?

gak banyak muter-muter karena si kakak udah ga kuat jalan kaki lagi.  sempet ngeliat monumen duyung dan tangan tuhan juga tapi gak sempet fotoin lagi.

Ohya waktu di dalam kebun raya kita bisa milih mau jalan kaki, naik sepeda atau bis. nanti ada tambahan fee lagi kalau untuk nyewa sepeda dan naik bus. Kebun Raya bogor ini gueeeeddeeeee banget deh alias luasnya waaarrrbiasaaahhh..

0 komentar: