RSS

Sabtu, 18 Juni 2016

Newbie Traveller 10 - Kota Tua

Hey Ho, Hey Ho..

actually, sedang gak pengen nulis. tapi udah janji mau share perjalanan ke Kota Tua. Udah banyak yang tau mungkin ya mengenai kota tua ini. tapi, aku tetep mau share perjalanan aku ke kota tua. *maksa dikit.

alright, udah pada tau belum kota tua itu dikenal juga dengan nama Old Batavia. Selain itu, tempat ini juga dijuluki dengan "Permata Asia" dan "Ratu Dari Timur" di abad ke-16 oleh para pelayar Eropa. Jakarta Lama (Old Batavia) dianggap sebagai pusat perdagangan untuk Benua Asia karena lokasinya yang strategis. Mau tau lebih banyak sejarahnya bisa dicari di google yaaa.

Setelah turun dari stasiun jakarta kota, kamu tinggal jalan kaki udah nyampe kok ke Kota Tua yang aku maksudkan di atas. Padsa saat masuk kamu akan menemukan sebuah bangunan seperti yang ada di belakang fotoku (scroll down yah). Bangunan tersebut merupakan Balai Kota Batavia, kantor gubernur VOC. Bangunan ini menjadi museum sejarah Jakarta.



Kamu bisa menyewa sepeda dan topi untuk bisa jalan-jalan keliling kota Tua. Tempat ini gak luas banget sih sebenarnya cuma seluas 1,3 km. Biaya penyewaan perlengkapan hanya 20ribuan seingatku ya, teapi kayaknya lebih murah.

Selain muter-muter naik sepeda ontel, kamu juga bakal ngeliat performance yang kayak di bawah ini. Hayoo, ada yang tau gak, kok dia bisa duduk melayang gini? ayo, ayo, cek di youtube.. ada banyak kok videonya.


Gak hanya itu, ada juga orang-orang yang kayak gitu pakai pakaian hantu cina terus lompat-lompat, ada juga yang pake baju item terus badannya juga dicat hitem, entar pegangin teks proklamasi mirip Soekarno. Temnn-teman bisa beli kaos oblong murah-murah banget di sini, harganya kisaran 15ribu rupiah doang. Siapin isi dompet deh.

Berhubung udah sorean, kami gak lama di Kota Tua. Saatnya say good bye!


0 komentar: