RSS

Rabu, 15 Juni 2016

Dua Pelajaran Berharga di KA Commuter Line Jabodatabek

Malam ini gak ngeposting makanan. Hehe.. Jadi mau nulis apa ?

Mau nulis pengalaman pertama naik KRL Jabodatabek dari Bogor ke Jakarta Kota. Dari kosan ke stasiun Bogor bisa naik angkot 06. Ongkosnya cuma 3500 rupiah sekali pergi. Atau temen-temen bisa naik gojek. Tarifnya 12.000 rupiah. Biasanya kami naik gojek itu kalau weekend karena bogor pasti rame banget kalo udah weekend dan kalo kamu naik angkot malah bisa belumut. Wekekeke.. Jadi kalau gak rush hour ya aku naik angkot. Kalo lagi rush hour saranku kamu mending pesen gojek online deh. Eits, tapi hati-hati juga ya. Beda banget gojek atau grab driver yang di Jakarta dan yang di Bogor. Kalau di Bogor itu, ada ojek pangkalan yang ngeliat gojek atau grab sedang angkut penumpang. Baaahhh, bisa di stop deh. Kaya aku kemarin itu, kesian abang grab driver, di stop sama ojek pangkalan. Padahal aku udah coba ngebelain dia. Teteup aja, para ojek pangkalan ituu bersikeras. Biasa aku liat juga ojek itu gak ada, makanya aku pesen grab atau gojek online. Hedeeehhh..

Next, ke stasiun Bogor itu gak jauh kalau dari Botani, palingan 10-15 menit kalau gak macet. Nyampe stasiun Bogor, jangan lupa beli tiket yaa.. liat deh Jalur berapa kereta yang menuju Jakarta Kota. Ohya, ada perbedaan penyebutan kalau di wilayah Pulau Jawa dengan Aceh. Apa sih? Ayo coba tebak? jawabannya, kalau di Aceh kebanyakan orang mau bilang sepeda motor itu dengan sebutan "kereta". Jadi sering dalam percakapan sehari-hari akan ditemukan seperti ini, "Eh, dimana aku parkir kereta aku tadi ya?" Kalau yang di Pulau Jawa itu, menyebutkan sepeda motor ya dengan kata "motor" karena kalau kereta itu adalah kereta api. Jadi kalau orang Aceh pergi ke Pulau Jawa menyebutkan kereta maka akan disangka kereta api. hehe. So, buat temen-temen jangan salah sebut ya? hihihihi...

Waktu yang diperlukan dari Bogor ke Jakarta Kota sekitar 2 jam kalau gak macet juga itu kereta. Macetnya karena ada gangguan jaringan biasanya. Paling takut kalau misalnya di jalur kereta yang lain lagi ada yang anjlok. Baahhh itu bisa sampe 2 jam di KRL. Gambar di bawah ini KRL Jabodatabek yang pernah aku naiki.




Ohya, aku suka lupa udah nyampe stasiun mana dan stasiun mana. Jadi aku download rute KRL dan aku save di galeri handphone. bahahaha..


Ohya, KRL ini udah ada sejak 1974 loh sebenernya, tapi yah gak secanggih yang sekarang. sekarang lebih dikenal dengan Kereta Api Commuter Line atau KA Commuter Line. Kenapa sih disebut KA Commuter Line? kalau KA udah jelas lah ya Kereta Api kalau commuter artinya bolak balik. Jadi ini kereta apinya dalam sehari bolak-balik terus dari jam 7 pagi sampe jam 11 malem. Line ya jalur artinya bolak balik itu kereta apinya dalam satu jalur. Kira-kira begitulah ya.. Kalau KA Commuter Line ini didirikan oleh anak perusahaan Kereta Api Indonesia (KAI) yaitu PT KAI Commuter Jabodatabek. 

Aku paling seneng naik KRL karena tarifnya itu muuuurrrraaaahhh bingits. Dari Bogor ke Jakarta bayangin deh 2 jam cuma 5ribu doang. Bolak balik cuma 10ribu. kalo deket ya cuma 2ribu. Jadi, pertama pengalaman berharga buat aku, aku ngerasa uang 2ribu itu berharga banget di sini. Beda banget sama di Aceh. Kalau udah 2 jam ya ongkosnya udah kisaran 20ribu atau lebih dan itu untuk sekali pergi doang. Bayangin kalau udah bolak balik?

Aku juga seneng di KRL karena ada penyejuk udara alias AC. Hahaha.. sangat kampungan! Ini foto dalam KRL.




Aku mau share dikit nih. Aku salut banget deh sama salah satu sifat dari lelaki di sana, ya di Jawa maksudnya. Hal itu bisa jadi pelajaran berharga  kedua buat aku yang notabene berasal dari luar Pulau Jawa. Apaan sih, Din?

Jadi gini, di KRL itu ada gerbong khusus wanita dan gerbong umum nih ceritanya. Nah, kalo gerbong wanita ya khusus wanita aja yang boleh masuk, kalau kaum adam tak boleh, sedangkan di gerbong umum, semuanya boleh masuk apakah lelaki atau wanita.

Trus aku mau nyampein apa sih? Ini yang mau aku sampein, kalau di gerbong umum, ga usah takut deh kalo bagi ibu hamil, ibu yang udah tua, nenek-nenek, ibu yang punya anak, anak kecil, atau penyandang cacat. Kenapa ? kalau lelaki ini melihat ada kaum-kaum yang saya sebut di atas, SUDAH PASTI mereka langsung bangun dan memberikan kursi mereka kepada kaum tersebut. Wiihh, salut deh aku. Beda banget ini sama di Aceh. Yang lelakinya mau itu nenek kek, ibu hamil, dsb pasti lelaki pada EGP alias Emang Gue Pikirin. Baaahhh, budaya yang harus pelan-pelan diubah deh menurut aku. Menurut para pembaca gimana?

Setelah 2 jam, akhirnya tiba di Stasiun Jakarta Kota.



suasana dalam stasiun Jakarta Kota

selfie sama kakakku

                         suasana luar stasiun Jakarta Kota

Abaikan aku yang di foto itu terlihat begitu tambun. Oh tidak!


Next posting, perjalanan ke Kota Tua.. Ditunggu ya gayes!

0 komentar: