RSS

Sabtu, 27 Januari 2018

Newbie Traveller 33 - Pengalaman Naik KAI Kelas Eksekutif

Bandung, 6 November 2017

Halo, para pembaca. Sudah lama sepertinya aku ga nulis blog. Hehe. Kali ini pengen nge-share tentang apa ya? Hmm, mungkin mau sedikit share tentang perjalanan dari Stasiun Bandung ke Stasiun Gambir, Jakarta pusat. Di bandungnya aku tinggal di seputaran kampus UPI, tepatnya di Jalan Gegerkalong Girang, depan SD Isola Gegerkalong Girang. Perjalanan dari kosan menuju Stasiun Bandung, aku naik grab dan pastinya ditambah dengan kode promo, 5ribu. Jadinya ongkos ke stasiun Cuma 10ribuan. Aku berangkat jam 4 subuh karena keretanya berangkat jam 5.00 wib dini hari. Idealnya sih memang berangkat jam 4 supaya waktu mau ke counter check in ga rame yang ngantri. Mungkin para pembaca udah tau kali ya kalau di daerah Bandung suka rada rawan sama yang namany aojek online. Tapi mah kalau subuh kayaknya gak masalah soalnya para ojek konvensional masih pada bobok syantik. Wkwkwk. Meski si aa ojek online merasa takut, maka aku sebagai pelanggan menenangkan si aa. Wkwkwkwk.

Pukul 04. 20 wib, aku tiba di Stasiun Bandung, di drop di pintu utara stasiun. Bagusnya sih gitu, soalny kamu bakalan langsung masuk tepat ke pintu counter check in. Pintu masuk utara itu yang ada tulisan “STASIUN BANDUNG”. Begitu nyampe aku langsung check in. Gampang banget kok check in, kamu cukup memasukkan kode pesanan kamu. Entar langsung dicetak. Sayangnya, aku lupa fotoin tempat check in itu, soriiii. Then, aku langsung menuju ke bagian departure, enaknya nunggu di dalem aja sih. Tenang aja, kalau kamu pengen ke toilet, di dalem juga ada toilet. Waktu itu, toiletnya uuuu,, bauuuuu banget. Ga tahan deh, hampir pingsan akunya, maklum aja deh, namany juga toilet umum bukan toilet pribadi.

Para pembaca harus inget kalau naik kereta itu, kamu harus on time. Kereta mah, jam 5 ya jam 5 berangkatnya. Pesan aku, kamu jangan segan buat nanya ke petugasnya kalau kereta kamu bakalan berhenti di jalur berapa. Ya, biar ga muter-muter. Kebetulan kemarin aku di jalur 4, gerbong eksekutif. Kebetulan tiketnya lagi murah, 70ribuan dapet eksekutif. Lumayan banget kan ya? Nama kereta apinya yang dari Bandung - Jakarta itu Argo Parahyangan. Aku pesen via traveloka yang dapet diskonan gitu, 25ribu rupiah, lumayan banget. Biasanya ekonomi aja 70ribu, kali ini 70ribu bisa naik eksekutif. Seneng sih, soalnya kali pertama naik kereta api eksekutif sih. Hahahah #norakmodeon

Inilah penampakan gerbong kelas eksekutif. Awalnya aku excited banget gimanaaa gitu, tapi kok begitu masuk, duuhh baunyaa kayak bau di bis. Out of expectation. Stay positive, kali aja belom disemprotin parfum ruangan. Wkwkwkwk.

Di gerbong eksekutif ini dapet bantal dan plastik sampah.

Tempat duduknya juga cukup luas buat selonjoran. Tapi sayangnya waktu itu tempat letak kakinya udah agak rusak dan ga bisa diatur posisinya. Jadi kurang nyaman deh. Mungkin kebetulan aja kali ya dapet yang begini, soalnya kursi yang di sebelahku aman-aman aja.

Perjalanan kemana pun nugas pasti tetep. hahaha..

Aku itu suka agak sensitif kalau udah nyium asap rokok dan debu. Gatau deh, kali itu kelas eksekutifnya kayak bau dan berdebu. Ga nyaman aja. Malah rasa kayak naik bis. Mungkin aku aja ya yang kayak gini, yang lain mungkin engga. Makanya aku mesti pake masker.

Perjalanan menghabiskan waktu selama 3 jam 15 menit. Kyaaa,, akhirnya nyampe deh di Stasiun Gambir.

Kamu tinggal milih mau keluar dari pintu selatan atau utara. Tergantung dengan destinasi kamu selanjutnya di Jakarta. Kemarin aku mau ke Senayan City Mall, jadinya aku keluar dari pintu utara. Tugu Monumen Nasional atau lebih sering dikenal dengan Monas tepat berada di sebelahnya stasiun Gambir loh. Jadi aksesnya deket banget. Kamu bisa jalan kaki doang. Dari stasiun Gambir juga deket banget kok ke Jakarta Kota, Kota Tua dan Pasar Murah Asemka.

Well, aku ke Senayan City cuma buat cuci mata doang. Jepret bentar sebelum debenhamsnya tutup. Isu-isunya sih mau tutup. Gak tau sih kenapa. Dari Stasiun Gambir ke Senayan City lumayan jauh sih, sekitar 20-30 menitan kalau naik grab bike atau go jek. Waktu itu aku pake grab hitch alias grab nebeng dan pake promo pula, jadinya cuma kena charge 7ribu rupiah saja. Kadang kesian sih ama drivernya udah jauh malah dibayar murah, tapi gimaanaa,, pasti customer nyari yang muraah T_T

Jepret dulu yak :)

Pulangnya aku naik KAI Argo Parahyangan via Gambir-Stasiun Bandung, naik yang kelas ekonomi, harganya 70ribu dan lebih nyaman meski duduknya mepet-mepet kayak ikan sarden gitu. Tapi ga ada aroma yang bikin puyeengg. Aku sempet jepret beberapa view yang menurut aku bagus banget. Tapi aku gatau locationnya dimana karena jaringan internetnya Edge yang pasti leleeet banget kalau di on kan locationnyaaa. Tapi kalau ga salah ini udah mau deket Bandung gitu, mau deket arah Cimahi apa yaaa.. Jadi anggap saja lah di suatu tempat yang indah.