RSS

Kamis, 16 Maret 2017

Newbie Traveller 27 - Perjalanan Bandung ke Kuala Lumpur Dikirain TKI

Di postingan sebelumnya mengenai packing dan kali ini berlanjut perjalanan dari Bandung ke Malaysia. Udah sedikit tau kalau di bagian pengecekan bagasi agak ribet. Mungkin takut lah ya kejadian kayak Siti Aisyah. Jadi pemeriksaan bagasi di Indonesia aja udah cukup ketat. Mereka mengecek isi ransel kita loh. Hehe. Aku berangkat dari kosan jam 06.45 pagi dan tiba di Bandara Husein Sastranegara jam 07.10 wib. Agak sedikit macet, syukur deh si Aa ngebut-ngebut ala film Fast and Furious. Ahay! Setiba di bandara kami langsung menuju ke Keberangkatan Internasional.


Perhatikan teteh pakai baju dinas biru, dialah yang akan mengecek paspor dan tiket. tetehnya ramah banget dan cantiik. Setelah pengecekan sama teteh cantik mulaiah pengecekan sama Aa yang rupanya berbahasa Melayu. Aku jadi pusing dengernya karena belum terbiasa kali ya. LoL. kebetulan waktu itu mas Lukman bawa titipan rendang temannya, syukur dikardusin. Tapi tetep aja dicurigai gtu kan, sampe diulang untuk scan sampai 2 kali. Syukurnya, gak bunyi tit tut deh. Jadinya rendang titipan orang AMAN. haha

Berbeda dengan penerbangan domestik yang setelah check in langsung menuju ke ruang tunggu. Kalau kamu mau ke luar negeri ingatlah bakalan ada sesi di imigrasi. Jadi kamu seharusnya datang 2 jam lebih awal dari waktu keberangkatan. Alhamdulillah sih aman pengecekan di imigrasi Indonesia. Langsung menuju ruang tunggu dan perjalanan dari Indonesia menuju Malaysia dimulai dari jam 08.30. Kebetulan nyari tiket murah ya mana lain kalau bukan Air Asia.


Seatnya sih gede, lumayan luas untuk kaki. Tapi gak disediakan makanan dan pada saat landing, telingaku merasakan sakit yang luar biasa. Common happen sih sebenarnya. Tapi duh, sakit banget. Lah mau gimana. Namanya juga naik pesawat murah. Begitulah jadinya. Kami tiba di malaysia pukul 11.30 waktu setempat. Indonesia dan Malaysia memiliki perbedaan waktu 1 jam. Jadi di Malaysia itu lebih cepat 1 jam dari Indonesia waktu bagian barat. Kalau aku tiba pukul 11.30 waktu Malaysia berarti di Indonesia bagian barat pukul 12.30 wib. 

Setiba di sana, aku langsung sms orang tuaku. Aku lupa bakalan kena roaming. Aku sms mama 2 kali memakan pulsa 12ribu dan roaming seketika pulsaku 25 ribu ludes des des pedeeesss.. Aku baru tau kalau bandara di sana gede banget. Jalan menuju pengambilan bagasi memakan waktu hampir setengah jam. Lelah hayati,

Sembari menunggu penerbangan Kuala Lumpur ke Amsterdam di pukul 20.20 waktu malaysia maka kami jalan-jalan keliling bandara. Nah, kami landing di KLIA2 tapi untuk penerbangan ke Amsterdam kami harus menuju ke KLIA, karena penerbangan Qatar Airways dari sana. Jadi ga buru-buru banget sih sebenarnya, kami makan dulu sebelum pengambilan bagasi. Eh, aku baru tau loh, ternyata di bandara Malaysia ada keran air minum gratis.


Di beberapa negara yang sudah maju, pemerintah bukan hanya mengelola air bersih tapi mengelola air minum. Jadi air keran bisa dijadikan air minum juga. Seperti di Malaysia dan Belanda juga begitu. Nanti deh sesi di Belanda. Soalnya aku takjub banget. Air keran bisa diminum. Boro-bor di Indonesia, aku minum air keran mungkin bisa sakit perut hehe. Jadinya aku ngisi air minum deh. Lumayanlah anak kos sih. Ahaha. Berbeda dengan Indonesia, di Indonesia, Pemerintah hanya mengelola air bersih tapi belum layak minum. Makanya perlunya penyulingan air untuk dijadikan air minum. 

Sebelum mengambil bagasi ya kami muter-muter bandara. Hahaha.

Miniatur pesawat-pesawat di dunia
Sayangnya gak ada Garuda Indonesia. Hiks


Sebelum pngeambilan bagasi ya like usual pemeriksaan imigrasi baru deh bisa ngambil bagasi. Nah setelah keluar dari pintu exit. Ternyata kalau mau ke KLIA mesti naik KLIA Ekspress. Kayak kereta api sih tapi ukurannya ga gede. Jalurnya mungkin sama kalau di Soekarnoe Hatta dari gate 1B ke 2F yah lumayan jauh kan. 

Terminal KLIA Ekspress di dalam Bandara KLIA
Jadi ini transportasinya ya di dalam bandaranya loh, tapi di lantai 1
Sperti lantai bawah tanahnya lah.


Di belakangku terminal KLIA Ekspress
Bentukny kayak keranda orang mati tapi ukuran besar
Tembus pandang gitu, ya nanti KLIA Ekspressnya berhenti di situ
Aku ga sempet foto yang ada KLIA Ekspressnya takut ketinggalan, norak banget ga sih?

 Ini suasana dalam KLIA Ekspress
Menurutku hampir sama dengan KRL Jabodatabek
Ga jauh beda sih. hehe.

Setelah turun dari KLIA Ekspress kami menuju bagian imigrasi lagi untuk check in dan pengecekan bagasi lagi. Nah, ini nih bagian yang serunya. Mereka langsung tau kalau kami dari Indonesia. Langsung petugasny bilang "Indonesian? here here." Ngakak deh. Berasa wajah kayak TKI apa ya. hahaha.. Apalagi dengan bawa koper, tas ransel dan makanan. Bisa jadi TKI kayak gitu apa ya ? atau wajahku yang keliatan merana sampe dikirain aku TKI. Aiiiihhh.. Oplas aja apa ya? Hahaha.. So far, aman sih di imigrasi malaysianyanya. Cuma masih rada bingung kalau mereka ngomong. Ketika temanku ditanya, "Ape isi tasnye ni?" tapi petugas nunjuk kami berdua, jadinya temenku jawab, "Berdua", hahahahah. Ga nyambung coba. trus aku bilang, "baju dan ipad, sir". Oke baiklaaah katanya. Hahaha..

Sambil menunggu keberangkatan ke Amsterdam seperti tadi lagi, muter-muter. Eh, minum tolak angin dulu deh sebelum berangkat biar ga masuk angin. Haha. Inilah hasil jepret sana sini.



ini bocah MKKB alias Masa Kecil Kurang Bahagia apa ya?
Udah gede masih naik beginian. haha


Ngambil foto ini susah banget. 
Soalnya aku tiba-tiba ngilang. Haha. Mendadak ga suka ngalay foto-foto
*tapi udah 500 foto lebih di kamera

Selepas solat ashar, menunggu keberangkatan.
Eh ngeliat pemandangan indah.
Ada pelangi di langit Kuala Lumpur
*eeeaaaa

Pukul 20.20 waktu setempat, kami pun cus menuju Amsterdam menggunakan penerbangan Qatar Airways. Jepret dulu lah di deket pintu masuknya. LoL



Siap berangkat. Bismillah, wwuuushhhh



Kepoin postingan kehebohan di Qatar Airways. LoL

2 komentar:

Unknown mengatakan...

wkwkwkwk wajahmu Indonesia sekali neng, bukan TKI sekali.. positif saja.. Tp buat lucu2an gak apa lah,, Ngakak bacanya..

ceritadeptemberdiniya mengatakan...

helka ngakak, yang di sini sengsara. wakakakaka