RSS

Jumat, 10 Februari 2017

Tes Keseimbangan Kecil

Tes ini diambil dari buku karangan Dale Carnegie, yang berjudul Life Is Short, Make It Great. Tes Keseimbangan ini bertujuan untuk mengetahui apakah hidup Anda selama ini seimbang atau tidak.

Di bawah ini terdapat sejumlah pernyataan.
Jawablah dengan 'Benar' atau 'Salah'


  • Pekerjaan memakan waktu saya lebih banyak daripada yang saya kehendaki
  • Saya sudah jarang melakukan sesuatu yang "hanya untuk saya"
  • Hari-hari saya penuh dengan aktivitas
  • Saya tidak memanfaatkan rekreasi, baik yang berkaitan dengan hari libur saya
  • Waku yang saya luangkan untuk minat dan hobi di luar ruangan semakin berkurang
  • Saya jarang ke bioskop, konser, museum dan lainnya
  • Saya sering melewatkan acara-acara keluarga yang penting
  • Saya sering membawa pulang pekerjaan
  • Saya hanya meluangkan sedikit waktu dengan teman-teman saya
  • Saya merasa lelah pada hampir sebagian besar waktu
  • Saya lebih mudah jengkel dari biasanya
  • Saya lebih sering mengeluh dari biasanya
  • Saya tidak menikmati pekerjaan saya seperti dulu
  • Saya melakukan banyak hal hanya karena kewajiban terhadap orang lain
  • Setiap hari saya hanya mendapatkan sedikit rasa puas
Jika Anda menjawab "Benar" lebih dari tiga kali, berarti hidup Anda tidak seimbang.

Dasar-dasar keseimbangan menurut Dale Carnegie (pg. 44), 
STOP WORRYING and START LIVING (Berhentilah Khwatir dan Mulailah Menikmati Hidup)
  1. Penuhi benak Anda dengan pikiran tentang kedamaian, keberanian, kesehatan dan harapan
  2. Jangan pernah mencoba seri dengan musuh-musuh Anda
  3. Jangan mengharapkan terima kasih
  4. Hitunglah rahmat yang Anda terima, bukan masalah Anda
  5. Jangan meniru orang lain
  6. Cobalah untuk mengambil keuntungan dari kerugian Anda
  7. Ciptakan kebahagiaan untuk orang lain

Apakah hidup Anda sudah seimbang? Semoga postingan ini bermanfaat bagi para readers.

0 komentar: