RSS

Sabtu, 17 September 2016

Newbie Traveller 18 - Naik Angkutan Umum

Happy satnite all readers!
Yeay, malam ini stay di kosan aja sambil nyelesaikan tugas.
Bosen juga buat tugas terus. Jadinya nge-blog dulu deehh.
Ada 3 tulisan yang belum diposting, yaahhh maklum mesti editing dulu sih. Soalnya tulisannya pakai bahasa inggris gtu. #eaaaa gaya banget!

Then, tonight i wanna share about public transportation in Bandung. Sekaligus sama perbedaannya angkutan umum antara Bandung dan Aceh.

Eeeeeaaa.. kalau udah bule ngomong "public transportation" kedengaran keren yakk ? Coba deh diartiin ke bahasa Indonesia. Jadinya angkutan umum atau lebih dikenal angkot. Wkwkwk.. ga sih, sebenarnya kan yang masuk ke daftar angkutan umum kan banyak yak.. bisa jadi damri, bis, angkot, dan apa lagi yaaa ? Yahhh. Gitu deh pokoknya.

Kalau di Banda Aceh (karena writer orang Aceh), angkot itu disebut dengan labi-labi atau kalau orang Aceh Utara itu nyebutinnya sudako (kaya film horor Sadako. Haha). Kalau di Bandung, masyarakat nyebutinnya angkot. Bedanya nih, kalau di Bandung, banyak banget warga yang masih mengandalkan kendaraan ini sebagai alat transportasi (gak terkecuali aku. Maklum anak kosan nyari yang harga miring . Wkwkwkwk. udah jauh juga perjalanannya ongkosnya cuma 5ribu, kalau deket 2ribu. Eits, inget hati-hati ya kalau naik angkot di Bandung. Kalau temen-temen nanyain "berapa ongkosnya pak". Nah loh! Bisa dinaikin 2ribu ongkos angkotnya. Makanya dikira2 aja. Oh kalau deket berarti 2ibu aja. Kalau jauh bangeeeet baru bayarnya 5ribu - 7ribuan.
Kalau di Banda Aceh mah udah jarang banget yang naik labi-labi.
karena ga semua tempat menjadi rutenya labi-labi. Jadi harus jalan kaki dan jaraknya juga lumayan jauh . Tapi ga juga sih. Di Bandung kadang juga harus jalan. Mungkin budaya jalan kaki di Aceh belum diterapkan. Jadinya banyak yang naik motor (termasuk writer) dan mobil.

Next, kalau di Aceh damri itu kaya bus sekolah. Jumlah penumpang kira-kira 20-25 orang (ada yang duduk dan berdiri) . Bedanya kalau di Bandung, damri itu kayak Trans Koetaradja yang ada di Banda Aceh.

Kemudian di Bandung masih ada ojek pangkalan, trus ada Go-Jek dan Grab Bike. Becak dayung juga masih ada loh. Trus taksi dan taksi online kaya Go-Car, Uber dan Grab Car juga banyak. Kalau di Aceh gak ada. Hehe. Makanya banyak yang lebih memilih naik kendaraan pribadi ketimbang transportasi umum.

Berikut ini sempet catet rute angkot yang dinaikin kalau mau pergi kemanaaaa gtu. Hehe. Dicatet biar ga lupa aja sih sebenarnya.
1. Cihampelas Walk ➡Angkot Kalapa-Ledeng
2. Bandung Electronic and Computer (BEC) ➡Angkot Kalapa-Ledeng
3. Bandung Indah Plaza (BIP) ➡Angkot Kalapa-Ledeng
4. Farm House Lembang ➡Angkot ST. Hall - Lembang
5. Pasar Baru (Pasar Baru Trade Center ➡Angkot Stasiun (angkot warna putih)
6. Stasiun Bandung ➡Angkot Stasiun
7. Baltos ➡Angkot Caheum
8. Martha Tilaar Salon and Spa (jln ciumbuleuit) ➡Angkot Caheum, bisa juga naik Angkot Kalapa-Ledeng tapi nanti minta turun di Jalan Ciumbuleuit ntar mesti jalan 200m.
9. Ke BPJS (jalan pulangnya doang yang tau) ➡Angkot Stasiun trus lanjut Angkot Kalapa-Ledeng
10. Ke Palasari ➡Angkot Kalapa-Ledeng trus lanjut naik Angkot Buah Batu.
11. Ke Bakso Boedjangan ➡Angkot Kalapa-Ledeng (lokasinya sebelah kiri deretan Bank BRI)
12. Ke Borma Setiabudhi ➡Angkot Kalapa-Ledeng

Cukup segitu dulu deh kayaknya. Ohya kalau aku ngapalin rutenya. Tapi ada juga kalau temenku ngapalin warna angkotnya. Hehe.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

warbiyasaaaahhhhhh,, udah dihapalin wak..

ceritadeptemberdiniya mengatakan...

Kalo ga dihapalin, adek kesasar nantik kak helka. Wkwkwk. Adek nanti "tak tau arah jalan pulaaaaaanggg". Haha

ceritadeptemberdiniya mengatakan...

Kalo ga dihapalin, adek kesasar nantik kak helka. Wkwkwk. Adek nanti "tak tau arah jalan pulaaaaaanggg". Haha